Artikel
PROGRAM LITERASI SEKOLAH DAN PERILAKU SAINTIFIK
Tanggal : 30-09-2016 09:40, dibaca 780 kali.
PROGRAM LITERASI SEKOLAH DAN PERILAKU SAINTIFIK
Penulis : Drs.Karyawan/Guru fisika SMAN 4 Bandung
Akhir-akhir ini dunia pendidikan khususnya di Kota Bandung, kembali menggulirkan program literasi di kalangan pelajar dari tingkat dasar sampai menengah, di tengah-tengah program pendidikan yang berbasis Kurikulum 2013. Kehadirannya menjadi sangat menarik karena diusung melalui seremonial-seremonial oleh kalangan birokrat pendidikan maupun oleh pejabat publik. Begitu pentingnya program ini, maka sekolah sebagai lembaga pendidikan dan ujung tombak kegiatan literasi menyambut dan merespon program ini dengan antusias.
Ada beberapa alasan, mengapa kegiatan literasi ini menarik dijadikan program persekolahan, pertama karena literasi sangat signifikan dengan kegiatan belajar mengajar, kedua sekolah merupakan masyarakat pembelajar yang merupakan sumber daya literasi yang paling tepat, dimana guru dan siswa memiliki tujuan , visi ,misi yang sama dalam mengembangkan potensi-potensi baik secara personal maupun secara kelembagaan, dan ketiga meskipun agak sedikit miris menuliskannya adalah rendahnya daya beli buku, daya juang membaca dari sebagian guru dan sebagian kalangan siswa sebagai sumber daya utama literasi.
Kita sadar betul, bahwa pembelajaran di masa lalu interaksi pembelajaran satu arah dari guru dan siswa, ketika itu guru sangat dominan memberi informasi kepada siswa tentang segala hal yang berkaitan dengan conten pembelajaran masing-masing mata pelajaran, sementara siswa duduk manis dan pasiv mendengar penjelasan guru. Hal ini terjadi karena kurikululum saat itu lebih mengedepankan kemampuan kognitif , sehingga tujuan kurikulum dengan metode-metode pembelajaran yang dilakukan guru menjadi tidak sinergis. Disamping sistem evaluasi pendidikan kita masihmemprioritaskan kemampuan kognitif saja.
Namun, seiring dengan perkembangan dan tuntutan zaman saat ini, kurikulum pendidikan kita terus dibenahi , mencari ruang-ruang potensi yang belum terjamah, baik pada guru maupun siswa, mencari potensi-potensi yang dulu masih terabaikan, hingga saat ini pemerintah menggulirkan Kurikulum 2013 sebagai kurikulum nasional kita.
Dari apa yang tersirat dan tersurat pada kurikulum 2013 ini, memang sangat jelas ada perubahan besar , terutama pada aktivitas siswa dalam pembelajaran yang harus memunculkan tiga aspek yaitu pengetahuan, keterampilan baik hands out dan keterampilan berfikir serta sikap spiritual maupun sosial yang harus muncul sebagai suatu kompetensi yang utuh dari hasil pembelajaran.
Untuk mendukung ketercapaian tuntutan kompetensi pada Kurikulum 2013 ini , maka interaksi pembelajaran tidak cukup hanya guru dan siswa saja, tapi sekolah harus mengembangkan dan memberdayakan sumber daya lain seperti buku, internet dan media lainnya bukan hanya pelengkap tapi dijadikan sebagai kebutuhan dalam dinamika pembelajaran.
Program literasi yang akan diberdayakan dan dibudayakan disekolah memiliki korelasi yang signifikan dengan Kurikulum 2013, guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar. Oleh karena itu Ketergantungan siswa pada guru dalam pembelajaran harus diubah dan diarahkan pada perilaku saintifik yang merupakan ruh dalam pembelajaran kurikulum 2013.
Perilaku saintifik diakui akan mampu menggali keragaman potensi siswa dalam mencapai kompetensi pembelajaran, karena sifatnya yang berbasis student center dan kemandirian, sementara guru bertindak sebagai fasilitator. Maka penyediaan ruang baca, buku dan sumber-sumber belajar lainnya yang bersifat visual, digital maupun audio yang dikemas dalam program literasi sekolah menjadi solusi bagi pembudayaan , peningkatan minat baca dan perilaku saintifik dalam pembelajaran.
Penulis : Drs.Karyawan/Guru fisika SMAN 4 Bandung.
Pengirim :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
- Pendidikan...tak berbatas ruang dan waktu.
- IBU..AJARI AKU KASIH SAYANG...
- SISTEM DGITALISASI KEHADIRAN DI SMAN 4 BANDUNG
- R.A. KARTINI, EMANSIPASI DAN FITRAH PEREMPUAN
- Gerhana Matahari Total Sebagai Penguatan Pendidikan Spiritual.
Komentar :
![]() ![]() Contentnya sangat bagus dan bermanfaat sekali, terima kasih :) 🔷 Perguruan Tinggi Indonesia Mandiri (PTIM) 🔷 STMIK IM & STAN IM Menerima mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 1. Teknik Informatika (S1) Terakreditasi BAN PT 2. Sistem Informasi (S1) Terakreditasi BAN PT 3. Manajemen (S1) Terakreditasi BAN PT 4. Akuntansi (S1) Terakreditasi BAN PT Kelas Reguler dan Karyawan 👉 Jenjang S1 kelas Reguler ditempuh dalam 8 Semester (3,5 Tahun) 👉 Jenjang S1 kelas Karyawan A dan Kelas Karyawan B ditempuh dalam 8 Semester (2,7 tahun), 1 semester = 4 Bulan (Tri Semester). 📝 Pendaftaran : 👉 Kelas Reguler 👉 Kelas Karyawan Info lengkap : 🌎 www.imandiri.id/pmb 🌎 www.stmik-im.ac.id 🌎 www.stan-im.ac.id Telp : (022) 7272672 | (022) 7208180 Fax : (022) 7271693 WhatsApp : 082211888879 Email : Info@stmik-im.ac.id, Info@stan-im.ac.id 🏡 Jl. Jakarta No. 79 Bandung 40272 Jawa Barat – Indonesia Masker jerawat, prodroduk kesehatan, peninggi badan, tips-tips peninggi badan, cara menghilangkan jerawat, cara memutihkan wajah. Hanya di : http://jualherbaltiens.com/ |
Kembali ke Atas