Banner
info sekolah terbuka
Statistik

Total Hits : 1600998
Pengunjung : 260146
Hari ini : 124
Hits hari ini : 182
Member Online : 0
IP : 52.91.245.237
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

root23it    alanrm82
Agenda
16 December 2018
M
S
S
R
K
J
S
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5

Kadis Jabar Ahmad Hadadi Jadi Saksi Nikah Massal di SMAN 4 Kota Bandung

Tanggal : 03/19/2018, 07:57:33, dibaca 426 kali.

majalahsora.com, Kota Bandung – Tepat setiap tanggal 14 Pebruari 2018, SMAN 4 Kota Bandung selalu melaksanakan kegiatan bernafaskan Islam, yaitu Festival Ghifari. Acaranya diisi dengan berbagai lomba-lomba Islami, seperti hafalan Al Qur’an, qirotil Al Qur’an, jingle Islami, cerdas cermat Islami, kaligrafi, lomba lainnya serta tidak ketinggalan tausyiah.

 

“Sengaja di sekolah kami setiap tahunnya diadakan kegiatan Festival Ghifari, yang penuh denghan nilai-nilai Keislaman. Tujuannya untuk menangkal pengaruh valentin day terhadap siswa kami. Karena perayaannya condong melakukan hal-hal negatif dan tidak sesuai dengan norma agama Islam,” kata Andang Segara, Kepala SMAN 4 Kota Bandung, Rabu (14/2/2018).

 

Untuk penyelenggaran tahun ini, ada hal yang berbeda dan menarik, karena adanya pelaksanaan nikah massal,untuk lima pasang pengantin, warga dari Kecamatan Andir.

“Pada Festival Ghifari tahun ini, sengaja SMAN 4 Kota Bandung mengadakan nikah massal. Mengacu pada pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) mengenai bab nikah yang diperoleh di kelas (kelas XII). Kini mereka melihat langsung proses yang sebenarnya, apalagi dilaksanakan di sekolah,” jelas Andang.

 

Sebelumnya, ada 35 pasang peserta nikah massal yang mendaftar, namun karena banyak yang tidak memiliki persyaratan yang bisa dipertanggung jawabkan, akhirnya pihak sekolah memilih lima pasang calon pengantin.

“Kami tidak sembarangan menikahkan begitu saja, tetapi kami verifikasi syarat-syaratnya, seperti usia, KTP, KK, pokoknya tidak ada manipulasi data. Harus sesuai dengan prosedur yang berlaku, untuk pemenuhan administrasi di KUA (Kantor Urusan Agama). Akhirnya mereka yang terpilih, sudah memenuhi format NA nikah, melampirkan ijasah, dan data lainnya,” sambung mantan Kepala SMAN 25 dan 3 Kota Bandung.

 

Di samping itu, Endang Yuli, Guru PAI, peraih penghargaan Een Sukaesih Award tahun 2017 dan ketua pelaksana kegiatan Festival Ghifari, menjelaskan bahwa ada 77 siswa yang terpilih untuk menjadi panitia nikah massal. “Mereka ada yang menjadi penerima tamu, menyiapkan catering, membuat undangan, merias 5 ruang pengantin, dan sebagainya. Belajar jadi wedding organizer juga,”  terangnya

 

“Tentu semua siswa SMAN 4 yang hadir belajar mengenai lima syarat menikah secara Islam, seperti adanya calon pengantin pria dan wanita, dua saksi, serta hal-hal yang sesuai dengan aturan agama Islam dan pemerintah (KUA),” sambung Yuli.  

Masih menurut Yuli, kegiatan nikah massal tersebut, rencananya akan dihadiri oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, untuk mengisi khutbah nikahnya. Karena Sesutu hal Ahmad Heryawan tidak bisa hadir, sebagai penggantinya yaitu KH. Muchtar Kholik.

 

Di samping itu hadir Ahmad Hadadi, Kepala Dinsa Pendidikan Propinsi JAwa Barat yang menjadi sasksi nikah bersama Andang Segara, untuk kelima pasangan.

Pada kesempatan yang sama, dua perwakilan siswa SMAN 4 Kota Bandung, Raihan dan Rahmat berhasil diwawancara oleh majalahsora.com, mereka menuturkan, sangat senang dengan kegiatan Festival Ghifari. “Dari tahun ke tahun konsepnya bagus. Bangga bisa menyelenggarakan kegiatan yang bertepatan dengan valentine day. Untujk bekal agama kita supaya istiqomah dalam menjauhi perbuatan tercela. Apalagi bisa menjadi bagian dari pernikahan massal. Tadi terasa khidmad, sangat menyentuh,” ujar Raihan kelas XII-Mia-1.

 

Tidak berbeda dengan Raihan, menurut Helmi kelas XII-IPA-III, kegiatannya positif mudah-mudahan bisa istiqomah.

 

Yuli pun merasa bangga terhadap siswa didiknya yang telah menyiapkan segala sesuatunya, terutama untuk kegiatan nikah massal mereka sangat inisiatif.

 

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini banyak yang terbantu dan semoga terjauhkan dari penzinahan. Mereka yang dinikahkan pun jadi halal, karena sudah sah baik secara agama maupun negara. Alhamdulillah kegiatannya lancar, berkat dukungan dan dibantu penuh oleh semua pihak, di antaranya Dr. Ahmad Hadadi, Kadisdik Jabar, Dr. Andang Kepala SMAN 4 Bandung, Pa Didin dari KUA Kecamatan Andir, dan semua rekan guru, karyawan, siswa, serta aparat kewilayahan di sekitar sekolah kami. Tahun depan semoga bisa terlaksana kembali, karena banyak yang menginginkannya,” pungkas Yuli. [SR]***



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas

www.garudacyber.com www.garudacyber.com Trik & Tips Cara Mendaftar Dan Upgrade Akun Google Adsense Non Hosted Agar Cepat DiterimaPasti Langsung Diterima Full Approve | 2017 | http://www.garudacyber.com Trik Google Adsense Non Hosted Agar Cepat Diterima 2017 | http://www.garudacyber.com Tips Google Adsense Non Hosted Agar Cepat Diterima 2017 | http://www.garudacyber.com Cara Daftar Google Adsense Non Hosted Agar Cepat Diterima 2017 | http://www.garudacyber.com Cara Daftar Google Adsense Non Hosted Agar Pasti Diterima 2017 | http://www.garudacyber.com Cara Daftar Google Adsense Non Hosted Full Approve 2017 | http://www.garudacyber.com Garuda Cyber www.maharga.com Harga Hp Samsung 2017 - Harga Samsung 2017 | http://www.maharga.com Harga Hp Samsung 2017 - Harga Samsung 2017 | http://www.maharga.com Harga Hp Samsung 2017 - Harga Samsung 2017 | http://www.maharga.com