Kemendikbud: Tingkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XII

JAKARTA, DISDIK JABAR — Mengingat tantangan pendidikan di abad XXI semakin berat, hal ini menuntut peningkatan profesionalisme menyangkut sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Hal tersebut diuangkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy dalam pidato memperingati Upacara Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh pada 25 November 2018. Mendikbud mengatakan HGN tahun ini mengambil tema “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI”. Ini tak lepas dari penetrasi revolusi industri yang akan merambah ke semua sektor, tak terkecuali sektor pendidikan.

“Untuk itu, diperlukan guru yang profesional; guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat tersebut untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dengan kompetensi global,’’ tutur Mendikbud.

Akan tetapi, walaupun teknologi informasi berkembang demikian cepat dan sumbersumber belajar begitu mudah diperoleh, peran guru sebagai pendidik tidak tergantikan oleh kemajuan teknologi tersebut. Karena menurutnya, tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi setiap peserta didik. “Profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian,” ucapnya.

Mendikbud mengatakan, tugas guru sebagai pendidik adalah menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupannya, termasuk dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak serta sebagai inspirator bagi anak didiknya.

Mendikbud mengajak pada Hari Guru Nasional ini sebagai semangat untuk terus membangun peradaban bangsa sehingga Indonesia menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu dan berkarakter, serta mampu bersaing dalam kancah pergaulan global. “Marilah kita bergandeng tangan menunaikan tugas mulia ini. Di pundak Bapak dan Ibu Guru, kami gantungkan masa depan bangsa ini,” tutur Mendikbud.***

Oleh Nizar Al Fadillah, Sumber berita dari Dinas Pendidikan Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.