Tiga Ciri Guru Profesional Menurut Mendikbud

BANDUNG, DISDIK JABAR – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil tema “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad 21” dalam memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2018. Kemendikbud, Muhajir Effendi dalam pidatonya menjelaskan terdapat tiga ciri guru profesional yang harus dimiliki oleh para tenaga pendidik.

Pertama, guru guru harus memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik. perubahan zaman mendorong guru untuk dapat menghadirkan pembelajaran abad 21 yaitu menyiapkan peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi. “hal tersebut tentu tidak akan dapat diwujudkan jika para guru berhenti belajar dan mengembangkan diri,” ucap Mendikbud.

Kedua, seorang guru hendaknya mampu membangun kesejawatan dan mengembangkan diri serta meningkatkan kecakapan untuk mengikuti laju perubahan zaman. Jiwa korsa guru harus senantiasa dipupuk agar dapat membantu dan mengontrol satu sama lain.

Ketiga, seorang guru hendaknya mampu merawat jiwa sosial. para guru Indonesia adalah para pejuang pendidikan yang sesungguhnya yang menjalankan peran tugas dan tanggung. Dengan segala tantangan dan hambatan, Mendikbud mengajak para guru untuk selalu berada di garda terdepan dalam pencerdasan kehidupan bangsa.

Mendikbud mengajak untuk menjadikan -Hari Guru Nasional sebagai momentum untuk bersemangat dan terus membangun peradaban bangsa sehingga Indonesia menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu, berkarakter, serta mampu bersaing dalam Kancah pergaulan global.***

Oleh Nizar Al Fadillah, Sumber berita dari Dinas Pendidikan Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.