Lulusan SMAN 4 Kota Bandung Banyak Yang Kuliah & Dibekali Ilmu Kewirausahaan

majalahsora.com. Kota Bandung – Lulusan SMAN 4 Bandung dibekali dengan ilmu kewirausahaan dan banyak yang melanjutkan kuliah.

Berkaitan dengan itu Andang Sagara, Kepala Sekolah SMAN 4 Bandung, Senin (13/5/2019) melepas/mewisuda 362 siswa kelas XII jurusan IPA & IPS yang dinyatakan lulus dengan baik.

Acara yang dihelat di lapang sekolahnya, dihadiri oleh Husen R Hasan Kepala Cabang Dinas Wilayah VII, pengawas pembina, guru, tenaga kependidikan, orangtua siswa dan lainnya.

Andang Segara Kepala SMAN 4 Bandung sedang mewisuda lulusannya

“Tanggal 13 Mei adalah hari pengumuman kelulusan siswa kelas XII. Seperti SMA lainya, pengumuman kelulusan siswa SMA 4 juga menggunakan surat lewat pos yang dikirim kemarin,” kata Andang, Senin (13/5/2019) di ruang kerjanya.

“Mungkin ada yang sudah sampai dan ada juga yang belum. Untuk hal itu kita mengadakan wisuda pelepasan dihari ini yang dimaksudkan untuk menutup peluang anak untuk melakukan efforia, merayakan kelulusan itu dengan hal yang negatif,” tambah Andang.

Husen R Hasan Kapala KCD Wilayah VII (kacamata)

Lebih lanjut kata Andang, meskipun di bulan Ramadhan, pihaknya secara resmi melepas siswa dan bersyukur bahwa di SMAN 4 Bandung lulus semuanya.

“Dilihat dari perbandingan hasil tahun kemarin, Alhamdullilah ada peningkatan hal ini membuktikan bahwa proses belajar mengajar di SMAN 4 Bandung berkinerja baik,” ujar mantan Kepala SMAN 25 & 3 Kota Bandung.

Hal tersebut dilihat dari hasil-hasil nilai USBN dan UNBK.

Rina Patriani Wakasek Kesiswaan SMAN 4 Bandung

Di mana ada peningkatan nilai rata-rata disetiap mata pelajaran.

Saat ditanyabmengenai lulusannya, ia memaparkan bahwa di SMAN 4 Bandung terdapat lulusan yang masuk perguruan tinggi melalui jalur undangan sebanyak 39 orang.

Si samping itu tidak sedikit yang diterima di Polban kurang lebih sebanyak 40 orang.

“Ada kecenderungan anak-anak kami memilih perguruan tinggi yang ketika lulus langsung mendapat pekerjaan,” kata Andang.

Guru-guru SMAN 4 Kota Bandung yanh berhasil mengantarkan siswa-siswinya

“Pikiran mereka lebih realistis dengan kondisi yang ada. Maka Polman dan Polban menjadi pilihan favorit dan banyak yang telah diterima,” imbuhnya.

Saat majalahsora menanyakan persentase lulusan SMAN 4 yang melanjutkan kuliah, Andang memaparkan sekitar 85 persen melanjutkan ke perguruan negeri dan swasta.

Sisanya sekitar 15 persen bekerja dan lainnya.

Kegiatan pelepasan siswa SMAN 4 Bandung

“Sesuai dengan tujuan pendidikan SMA yaitu diharapkan para siswa bisa melanjutkan ke perguruan tinggi sesuai dengan minat mereka,” paparnya.

“Sedangkan bagi mereka yang belum melanjutkan ke perguruan tinggi, kami telah memberi dasar-dasar untuk bekal kewirausahaan sejak kelas X. Di antaranya budi daya ikan hias, jamur merang, perdagangan online. Diharapkan mereka dapat berwirausaha sampai mereka mendapat kesempatan untuk berkuliah di perguruan tinggi,” kata Andang.

Berkat hal itu di tahun 2019, SMAN 4 Bandung menjadi satu-satunya SMA Negeri di Kota Bandung yang dijadikan rujukan untuk program kewirausahaan dan mendapat bantuan dana dari pemerintah pusat.

Lulusan/Wisudawan terbaik tahun 2019

“Kita di SMAN 4 Bandung harus memiliki sekolah imbas (sekolah yang akan meniru program kewirausahaan) yaitu SMAN 1, SMAN 7, SMAN 24, SMAN 25 dan SMA Pasundan 2.

“Hal yang menarik bagi sekolah imbas tersebut, apabila menerpakan hal yang sama ke depan akan mendapatkan bantuan dana dari pemerintah untuk mengembangkan program yang sama,” kata Andang.

Suasana kegiatan

Pada kesempatan yang sama, terkait dengan kegiatan kelulusan, Rina Patriani Wakasek Kesiswaannya menambahkan, bahwa tema wisuda kelulusannya adalah “Ini Bukanlah Akhir Segalanya Tetapi Merupakan Kangkah Awal Kesuksesan Selanjutnya”.

Rina berharap semoga siswa siswi SMAN 4 Bandung yang telah lulus bisa terserap di perguruan tinggi.

Dalam acara ini pun menyerahkan penghargaan dari sekolah kepada 10 siswa dan siswi terbaik atas prestasi yang telah dicapai.

Sementara itu Husen R Hasan Kepala KCD wilayah VII Disdik Jabar (Cimahi-Bandung) yang hadir langsung memaparkan, bahwasanya lulus SMA adalah lulus dalam 1 tahapan.

Tim lengser dari SMAN 4

“Tantangan sesunggunya adalah setelah mereka lulus. Bagi mereka yang diterima di jalur SNMPTN atau SBMPTN saya ucapkan selamat. Bagi yang belum diterima, mudah-mudahan bisa masuk melalui jalur yang lain,” kata Husen.

“Karena tujuan dari SMA itu adalah menyiapkan mereka supaya siap untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, ini yang pertama.
Yang kedua diharapkan anak-anak tidak berhenti belajar,” pungkasnya. [SR]***