SMAN 4 Kota Bandung Terpilih Untuk Mengembangkan Program Kewirausahaan

majalahsora, Kota Bandung – SMAN 4 Kota Bandung mewakili sekolah negeri Kota Bandung serta SMA BPI sebagai sekolah swastanya, terpilih untuk mengembangkan dan mendapat dana bantuan untuk program kewirausahaan di tahun 2019.

Bantuannya dari pemerintah pusat, sebesar kurang lebih Rp 100 juta.

Terpilihnya SMAN 4 Kota Bandung mendapat bantuan tersebut, tidak terlepas dari suksesnya program pendidikan kewirausahaan di SMAN 4 yang dipimpin oleh Andang.

Kegiatan kewirausahaan yang dikembangkan yaitu budidaya jamur dan ikan hias.

Para siswanya diberi bekal keterampilan tersendiri, kurang lebih berlangsung selama satu semester.

“Setiap jenjang dibekali keterampilan yang berbeda. Contohnya pada kegiatan budidaya jamur, siswa kelas X belajar membuat media penanaman jamur merang, kelas XI mengelolanya serta kelas XII mengemas dan mejualnya, baik secara online maupun konvensional,” terang Andang di ruang kerjanya, Senin (13/5/2019) di sela-sela kegiatan pelepasan siswa kelas XII.

“Minimal siswa kami tahu semua prosesnya. Selain itu memiliki bekal keterampilan setelah lulus dari SMAN 4. Khususnya bekal bagi yang tidak melanjutkan ke jenjang kuliah,” tambah Andang.

Di samping itu setelah menerima bantuan, SMAN 4 Bandung harus memiliki sekolah imbas.

“Kami harus mengimbaskan ilmunya ke SMAN 1,7, 25 dan SMA Pasundan 2,” kata Andang.

Sehingga di tahun-tahun berikutnya sekolah imbas tersebut akan mendapat bantuan serupa dari pemerintah.

Berkaitan dengan bantuan dana kewirausahaan, Andang akan melakukan Bimtek (Bimbingan Teknis) di Bogor dengan kepala sekolah lainnya se-Indonesia. Berlangsung selama tiga hari. [SR]***