SMAN 4 Bandung Juarai Lomba Olimpiade Ekonomi Polban 2019

BANDUNG, DISDIK JABAR — Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Bandung kembali menorehkan prestasi di bidang akademis dengan menjuarai Lomba Olimpiade Ekonomi Tahun 2019 Polikteknik Negeri Bandung. Ajang kompetisi ekonomi ini untuk menguji kompetensi pengetahuan perekonomian siswa sesuai kurikulum sekolah.

Salah seorang peserta Tim SMAN 4 Bandung, Faturrahman M. Halik mengaku, partisipasi timnya dalam ajang ini membutuhkan persiapan yang sangat matang. Berbagai latihan dan strategi pun mereka lakukan sejak jauh-jauh hari agar dapat mempelajari materi lebih dalam.

“Persiapan dimulai dengan mempelajari soal-soal olimpiade tahun sebelumnya. Ini tentu membantu kami mengenal berbagai tipe soal olimpiade dan mengetahui silabus/kisi-kisi olimpiade sehingga mempermudah kami menjawab saat perlombaan,” ujar Fathur saat diwawancarai, Jumat (15/11/2019).  

Kendati demikian, bukan berarti proses latihan berjalan tanpa kendala. Berbagai tantangan harus dilalui Fatur dan kawan-kawan, mulai dari pembentukan tim lomba hingga persoalan dispensasi mengikuti pembelajaran hingga risiko ketinggalan pelajaran di kelas.

“Setelah dibentuk, kita mulai mendapat bimbingan beberapa materi ekonomi yang diperkirakan bakal keluar di olimpiade. Alhamdulillah, pihak sekolah dan guru pun mendukung kami mengikuti perlombaan ini. Sehingga, saat kita mengikuti bimbingan tidak dibebani pelajaran di sekolah,” ungkapnya.

Keikutsertaan mereka dalam olimpiade ini karena ingin membanggakan sekolah. Fatur pun berambisi menjadi tim pertama dari SMAN 4 Kota Bandung yang meraih juara I pada olimpiade ini.

“Kami juga ingin membuktikan bahwa SMAN 4 Kota Bandung dapat bersaing dengan sekolah-sekolah lain, khususnya dalam bidang ekonomi. Selain itu, kami juga ingin membanggakan orang tua, guru, dan orang-orang tersayang,” ucapnya.

Berbekal motivasi tersebut, akhirnya Alvin Zikri dan Erma Siti Nur Robiah mampu menyelesaikan 100 soal pilihan ganda dalam waktu 45 menit. Dilanjutkan tahap 2 dengan mengerjakan 5 soal uraian dalam waktu 30 menit.

Tak berhenti di situ, pada tahap 3, diambil 3 tim dengan nilai terbesar untuk mengikuti babak cerdas cermat. Babak ini terdiri dari 3 sesi, yakni sesi pertama terdapat 10 pertanyaan yang harus dijawab oleh setiap tim. Sedangkan sesi 2 dan 3 berisi 10 soal yang harus diperebutkan oleh setiap tim.

“Persaingan sengit ini sangat menantang kami. Terlebih pada sesi 3, ada sistem minus. Jika salah menjawab, akan ada pengurangan poin,” ujar Alvin.

Namun, akhirnya harapan dan perjuangan mereka terbayar lunas. Tim SMAN 4 Bandung berhasil menyabet juara I Lomba Olimpiade Ekonomi Tahun 2019.***

Sumber : http://disdik.jabarprov.go.id/