Bakti Desa SMAN 4 Kota Bandung

BANDUNG, DISDIK JABAR – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kota Bandung melaksanakan kegiatan Bakti Desa di Desa Cikembang, Kertasari, Kabupaten Bandung selama dua hari, mulai 5 – 7 Pebruari 2020. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pendidikan karakter serta pembiasaan bagi peserta didik agar belajar mandiri.

Ketua Pelaksana Kegiatan Bakti Desa SMAN 4 Kota Bandung, Rina Patriani mengatakan, kegiatan ini sudah rutin dilakukan oleh sekolah, terlebih kali ini sebanyak 264 siswa kelas XI diikutsertakan. “Kami sudah melaksanakan kegiatan Bakti Desa 3 tahun berturut-turut untuk memberikan bantuan kepada desa-desa yang memang membutuhkan,” ungkapnya saat diwawancarai, Kamis (6/2/2020).

Pada kegiatan ini, lanjutnya, diisi program berupa penyediaan taman bermain khusus edukasi, penyediaan buku-buku keagamaan untuk taman pendidikan Alquran (TPA), khitanan massal, penghijauan/penanaman pohon serta pemeriksaan kesehatan masyarakat, khususnya balita dan manusia lanjut usia (manula).

“Kemudian, kami lanjutkan dengan kerja bakti di lingkungan sekitar, pembagian sembilan bahan pokok (sembako) serta sosialisasi mengenai pendidikan keagamaan dan kewirausahaan,” ujarnya.

Rina mengungkapkan, Bakti Desa ini banyak memberi manfaat bagi siswa. Mereka diberi kesempatan belajar hidup di desa yang jauh dari perkotaan, ikut bekerja bersama orang tua asuhnya dengan ikut bertani, berkebun, beternak atau lainnya.

“Harapan kami, semoga peserta didik SMAN 4 Kota Bandung bisa lebih mandiri, dapat bersosialisasi dengan masyarakat serta berempati terhadap lingkungan sekitar,” harapnya.***

Oleh Riska Y. Imilda

Sumber: disdik.jabarprov.go.id

×

Info PPDB 2020

    

 

× PPDB 2020